25 Juli 2020

Perangkat BK Di Masa Darurat Pandemi Covid-19

Tahun Pelajaran baru 2020/2021 akan segera dimulai namun siswa belum diperbolehkan masuk dengan berbagai macam pertimbangan, namun siswa harus tetap memperoleh haknya yakni pembelajaran atau layanan dari rumah dengan cara daring. Model pembelajaran ini pada sebagian guru masih belum begitu familier,   

sehingga dalam praktiknya banyak guru yang mengalami kesulitan termasuk guru BK dalam pemberian layanan secara daring.Ada beberapa alternatif Tool Delivery System yang dapat digunakan dalam pemberian layanan BK secara daring antara lain :

VIDEO CONFERENCE

  • Cisco  Webex, Zoom, lark Meeting, Google Meet, WhatsApp Video Call, dll.

BERBASIS CHAT GROUP ONLINE

  • Telegram, WhatsApp, Dingtalk, Slark, dll.

E-LEARNING

  • google Classroom, Edmudo, Moodle, Sevima  Edlink,dll.

BERBASIS PENYIMPANAN DATA INTERNET

  • Drive Google, Google Form, dll.

Silahkan pilih mana yang sekiranya mudah digunakan baik oleh guru maupun siswa yang tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak, karena fasilitas daring di atas ada yang berbayar alias tidak gratis.

Sekarang kita beralih pada pembahasan Perangkat Layanan BK Secara Daring Di Masa Darurat Pandemi Covid-19. Kita akan fokuskan  pada persiapan pemberian layanan secara daring yakni pembuatan Rencana Pelaksanaan Layanan Daring Di Masa Darurat Pandemi Covid-19.

Ada beberapa bentuk RPL BK yang berkembang saat ini, antara lain :

  • RPL BK Sesuai POP BK
  • RPL BK HOTS
  • RPL BK Inspiratif
  • RPL BK Daring

Silahkan bapak/ibu guru BK memilih mana yang cocok untuk digunakan serta mudah difahami untuk implementasikan dalam kegiatan layanan BK dan tidak keluar jauh dari Panduan Operasional Penyelenggaraan BK di sekolah ( POP BK ).

Dalam pembuatan RPL BK hendaknya menggunakan landasan hukum yang jelas. Dalam masa darurat covid-19 ini RPL BK disusun berdasarkan beberapa regulasi antara lain :

  1. Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014
  2. Panduan Operasional Penyelenggaran BK ( POP BK ) Dirjen GTK Tahun 2016
  3. Surat Edaran Mendikbud Nomor 14 Tahun 2019 Tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
  4. Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat  Penyebaran Covid-19

Kalau melihat regulasi di atas sebenarnya apa sih yang membedakan Perangkat BK sebelum dan sesudah adanya pandemi Covid-19 ? Sebenarnya perbedaannya tidak begitu mendasar hanya terletak pada dua hal, yakni :

  • Metode  : Metode yang digunakan dalam penyampaian materi layanan klasikal semula dengan cara luring/tatapmuka, tapi sekarang dengan cara daring/layanan jarak jauh.
  • Materi     : Isi materi disesuaikan dengan kondisi adanya pandemi covid-19 yang mengarah pada penyesuaian diri dari pola perilaku baru untuk menuju regulasi diri dan otonomi diri.

Sebelum kita menyusun RPL BK langkah yang harus dilalui pertama kali adalah menyusun asesmen kebutuhan materi layanan. Kita bisa menggunakan asesmen yang sudah ada misalnya: AUM, DCM, AKPD, ATP, ITP, dll. Di masa pandemi ini materi bisa disesuaikan dengan kondisi darurat pandemi covid -19. Pada bagian akhir nanti  akan saya tampilkan beberapa contoh topik/judul materi yang bisa dijadikan referensi dalam pemberian layanan BK daring di masa darurat pandemi covid -19.

Karena layanan BK ini kita lakukan dengan cara daring, maka asesmen kebutuhan materi layanan BK yang akan kita sampaikan ke peserta didik juga secara daring. Alternatif yang bisa kita gunakan yaitu dengan menggunakan Google Formulir. Cara penggunaan Google Formulir dapat diunduh di LATIHAN MENGGUNAKAN GOOGLE FORMULIR

Di bawah ini ada beberapa contoh Topik/Judul yang dapat digunakan sebagai referensi dalam pemberian layanan BK Daring di Masa Darurat Covid-19, yakni antara lain :

  1. Hikmah Di Balik Pandemi Covid -19
  2. Belajar yang Efektif Di Masa Pandemi Covid-19
  3. Pemahaman Tentang Virus Corona
  4. Hikmah Disiplin Menjaga Kebersihan
  5. Memahami Protokol Kesehatan
  6. Pentingnya Menjaga Kebersihan
  7. Tata Cara Agar Terhindar Penularan Covid-19
  8. Terapi “Self Talk” Untuk Mengembalikan Rasa Percaya Diri
  9. Peduli Lingkungan
  10. Tetap Berprestasi Walau Di Masa Sulit
  11. Mengatasi Kejenuhan Dalam Belajar
  12. Tetap Asyik Meskipun Berjarak
  13. Physical Distancing
  14. Sosial Distancing
  15. Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak
  16. Mengisi Kegiatan yang Positif Di Masa Pandemi Covid-19
  17. Nikmatnya Belajar Dari Rumah
  18. Strategi Belajar di Masa Pandemi Covid-19
  19. Membiasakan Diri Belajar Dengan Cara Daring
  20. Mengisi Waktu Luang Dengan Cara-cara Yang Positif

Dari hasil angket yang telah kita sampaikan ke peserta didik melalui Google Formulir  kita dapat melihat prosentase tertinggi dari beberapa topik/judul di atas, sehingga kita dapat membuat prioritas materi yang akan kita jadikan sebagai acuan dalam penyusunan RPL BK ( Rencana Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling ).


8 komentar:

  1. Alhamdulillah, terima kasih yang tak terhingga kepada Bapak Minto Tulus yang sudah sangat membantu kami para guru BK dg berbagi harta yang ternilai dalam bentuk perangkat BK kepada kami, semoga Bapak selalu diberi kesehatan, umur panjang, kemudahan dalam hidup di dunia dan akhirat....aamiin.

    BalasHapus
  2. alhamdulillah ,terimakasih pak Minto Tulus ,smoga bermanfaat dan bapak dimudahkan segala urusannya dan selalu sehat wal afiat

    BalasHapus
  3. terima kasih banyak pak....

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah terima kasih pak Minto Tulus ,sangat bermanfaat dan membuka wawasan kami semoga berkah dan tentunya diberi kesehatan buat kita semua Aamiin YRA.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, terima kasih banyak Pak semoga Bapak sehat dan bahagia selalu semoga Allah Swt selalu melindungi dan melimpahkan rejeki yang berlimpah ruah karena Bapak telah mebantu saya dengan berlimpah ilmu Bimbingan konseling.
    Bersama ini juga saya mohon ijin untuk mendowload dan membagikanya kepada siswa siswa saya.

    BalasHapus
  6. Banyak terima kasih pak Minto Tulus,sungguh sangat bermanfaat bagi kami guru BK, apalagi dalam masa pandemi ini. Kiranya bpk selalu sehat dan berbahagia bersama keluarga.

    BalasHapus
  7. Selamat malam

    Pak mintotulusMohon ijin donlod rpldaring 29

    BalasHapus
  8. Terima kasih banyak pak Munto utk perangkat BK yang sangat membantu di masa sulit ini. Salam sehat selalu

    BalasHapus

Silahkan Tulis Komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel